7 Tips Aman Berkendara dengan Sepeda Motor

Image result for 7 Tips Aman Berkendara dengan Sepeda Motor

Bagaimana tips aman berkendara sepeda motor? Umumnya orang sekarang ini condong memercayakan kendaraan roda duanya untuk melancong ke mana-mana. Sepeda motor dinilai lebih efisien, praktis, ekonomis, gampang dikendarai, dan mampu menerjang beragam keadaan jalan.

Tetapi di sisi lain, masalah kecelakaan jalan raya paling banyak dihadapi oleh beberapa pengendara sepeda motor. Hal semacam ini mengisyaratkan, untuk mengendarai sepeda motor dibutuhkan kehati-hatian yang lebih tinggi supaya tetaplah aman dan selamat hingga tiba ditempat maksud. Berikut ini yaitu beberapa kiat dari Pyurio bagaimana tips aman berkendara sepeda motor!

1. Yakinkan Sepeda Motor dalam Keadaan Baik

Sebelumnya memakai sepeda motor yang paling disayangi anda, lakukan mengecek keadaannya terlebih dulu. Yakinkan kendaraan beroda dua itu dalam kondisi baik dan layak dikemudikan. Awalilah dengan mengecek keadaan rem, meyakinkan roda bertekanan angin cocok dan tak rusak, dan mengecek lampu paling utama dan sein bisa berperan seperti harusnya. Janganlah lupa, check juga volume bensin sepeda motor dan yakinkan memenuhi untuk bekal meniti perjalanan anda. Sebentar sebelumnya mesin digerakkan, dianjurkan juga menata ulang posisi ke-2 kaca spion supaya terpasang dengan pas.

2. Gunakan Baju yang Aman dan Terlindungi

Jauhi mengendarai sepeda motor dengan kenakan pakaian yang terbuka dan tanpa ada peralatan keamanan. Hal semacam ini karena sebab anda tak terproteksi dengan baik hingga menyebabkan potensi rusaknya yang semakin besar jika berlangsung kecelakaan. Oleh karenanya, gunakan lah beberapa baju yang mampu mensupport keamanan dan kenyamanan anda sepanjang berkendara. Salah satunya yakni helm, masker, jaket, sarung tangan, celana panjang, kaos kaki, dan sepatu safety online. Ingat, senantiasa kaitkan tali pengikat helm dengan benar supaya helm itu tak terjatuh saat berlangsung peluang yang terburuk.

3. Berkendara dengan Sikap dan Posisi yang Baik

Pada intinya, sepeda motor di desain untuk dikendarai oleh dua orang dan bukanlah diperuntukkan sebagai alat pengangkut barang. Sikap yang benar dalam mengendarai sepeda motor yaitu tubuh tegak, pandangan lurus ke depan, lutut dirapatkan, dan berlakulah santai. Jauhi mengangkat kaki dan menumpangkannya ke tempat lain karena akan menyebabkan pada kesusahan anda untuk menghindar kecelakaan dengan cara mendadak. Coba mengerem sekali-kali untuk menjaga tingkat kelajuan sepeda motor sesuai sama yang anda kuasai.

4. Pertahankan Jarak Berkendara supaya Tetaplah Aman

Supaya tetaplah aman sepanjang berkendara, jaga posisi sepeda motor anda mempunyai jarak tertentu dengan kendaraan di depan dan belakangnya sesuai sama kecepatan ketika itu. Makin tinggi kecepatan gerakan sepeda motor anda, maka makin jauh juga jarak yang perlu disiapkan diantara kendaraan-kendaraan di sekitarnya. Oleh karenanya, sebagai pengendara anda butuh mengerti keadaan jalan raya supaya bisa sesuaikan jarak yang perlu di buat. Kerapkali sikap tak sabar dan menginginkan sama-sama mendahului malah menyebabkan pada munculnya kecelakaan jalan raya dengan cara beruntun.

5. Senantiasa Berlaku Hati-hati dan Waspada

Semahir apa pun kekuatan berkendara anda, potensi munculnya kecelakaan jalan raya masihlah mungkin berlangsung. Sebab dalam berlalu lintas, tidak cuma anda saja yang memakai jalan, tetapi beberapa orang. Mungkin saja saat anda telah cermat dan berlaku dengan baik, keteledoran orang lain malah mencemoohkakan anda. Tidak ingin kan hal semacam ini berlangsung? Itu penyebabnya, senantiasa waspada dan tetaplah siaga sepanjang berkendara. Lakukan mengemudikan sepeda motor dengan jeli, dan beristirahatlah sesaat jika anda telah terasa capek.

6. Taati Semua Rambu-rambu Lantas Lintas

Jadilah pengendara yang baik dengan mentaati semua rambu-rambu jalan raya di jalan raya. Senantiasa perhatikan arah depan dan pengendara di sekitar anda. Jika menginginkan berbelok, janganlah lupa nyalakan lampu sein sesuai sama arah yang dituju dan matikan sesudah ada di posisi yang benar. Dianjurkan pada semua pengendara sepeda motor di Indonesia selalu untuk memakai jalur lambat.

7. Berdoa Pada Tuhan Yang Maha Esa

Baik sebelumnya, sepanjang, dan setelah tiba maksud, baiknya anda senantiasa memanjatkan doa pada Tuhan Yang Maha Esa supaya di beri perlindungan dan keselamatan. Jagalah senantiasa keadaan emosional anda supaya termonitor dengan baik dan tak terpancing oleh sikap ugal-ugalan pengendara motor lain. Yang tidak kalah juga penting, jadilah pelopor keselamatan berkendara di jalan raya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s