Alat Keselamatan Kerja Pada Bengkel Pemesinan

Image result for bengkel mesina ) Keselamatan pekerja.
Untuk menanggung keselamatan operator, maka operator mesti memakai perlengkapan keselamatan kerja seperti :

-) Baju Kerja
Baju kerja yang digunakan oleh operator mesti memiliki kriteria seperti berikut : tak mengganggu gerakan badan operator dan tak merasa panas saat digunakan. Karena dinegara kitta beriklim tropis maka dianjurkan untuk baju kerja di buat berbahan Cotton.

-) Sepatu kerja
Sepatu safety yang dipakai oleh operator mesti benarĀ­benar bisa memberi perlindungan pada kaki operator. Berdasar pada standar yang sudah ditetapkan kalau sepatu kerja di buat berbahan kulit, sedang alas di buat dari karet yang elastis namun tak gampang rusak karena berhubungan dengan minyak pelumas (oli) dan umumnya untuk bagian ujung masihlah dilapis oleh plat besi yang dipakai membuat perlindungan kaki jika terjatuh oleh benda-benda yang berat.

-) Kaca Mata
Kaca mata dipakai membuat perlindungan mata operator dari bram-bram yang melayang ketika kerja di mesin bubut. Oleh karenanya kaca mata yang digunakan oleh operator mesti penuhi kriteria tersebut : dapat tutup semuanya bagian-bagian mata dari peluang terserang bram, tak mengganggu pandangan operator dan yang paling akhir mesti mempunyai lubang sebagai aliran hawa ke mata.

b) Keselamatan mesin
Untuk melindungi keselamatan mesin, maka beberapa hal yang
mesti kita perhatikan yaitu :

  • putaran mesin
  • kecepatan penyayatan (Vc)
  • kedalaman penyayatan
  • alat potong

ke empat hal diatas yaitu beberapa aspek yang bisa mengakibatkan beberapa rusaknya mesin suwaktu dipakai untuk membubut benda kerja. Karena tidak ada kesesuaian pada putaran mesin, kecepatan penyayatan, kedalaman dan alat potong, maka suwaktu dipakai untuk menyayat mesin akan muncul satu getaran, perihal ini pula yang penyebabnya dari pada rusaknya komponen mesin.

c) Keselamatan alat-alat pendukung
Alat-alat Bantu yang dipakai ketika kerja pada mesin bubut berbentuk alat potong dan alat ukur.

-) pahat
Pahat yaitu bagian terutama untuk memastikan baik atau buruknya penyayatan. Oleh kerena itu dalam melakukan pembubutan kita mesti bebrapa pintar memilih jenis bahan pahat sesuai sama benda kerja yang akan kita bubut. Selain itu beberapa pojok potong pada pahat juga begitu bertindak dalam pemilihan hasil penyayatan.

Alat-alat ukur
Untuk melindungi keselamatan alat ukur maka gunakan alat ukur sesuai sama manfaatnya. selain itu perawatan alat ukur juga begitu bertindak dan pada saat kerja umpamanya alat ukur telah tak dipakai letakkanlah pada kotaknya supaya tak terhimpit oleh benda kerja yang lain karena hal semacam ini bisa memengaruhi kecermatan alat ukur itu.

d) Keselamatan benda kerja.
Untuk memperoleh hasil akhir benda kerja yang optimal (keselamatan benda kerja) maka keselamatan operator, mesin, alat-alat pendukung sistem permesinan mesti tercukupi terlebih dulu, karena hal semacam ini yaitu hasil akhir dari sistem.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s