Alat Pelindung Diri Pekerja Radiasi

Alat Pelindung Diri (APD) yaitu kelengkapan yang harus dipakai saat bekerja sesuai sama bahaya dan kemungkinan kerja untuk melindungi keselamatan pekerja tersebut dan orang di sekitarnya.

Alat Pelindung Diri atau Peralatan proteksi yang umum dipakai oleh pekerja radiasi yaitu :

Image result for apd radiasi

1. Apron

Apron proteksi badan yang dipakai untuk kontrol radiografi atau fluoroskopi dengan tabung puncak cahaya x sampai 150 kVp mesti sediakan sekurang – kurangnya setara 0, 5 mm lempengan Pb. Tebal kesetaraan timah hitam mesti di beri sinyal dengan cara permanen dan terang pada apron itu.

Sekarang ini telah ada alat proteksi baru yakni apron dengan design yang lebih enteng namun penuhi kriteria proteksi, cost dan bisa kurangi rasa sakit pada pinggang karena beratnya lebih enteng dibanding dengan apron yang terlebih dulu ada.

2. Penahan Radiasi Gonad

Penahan radiasi gonad jenis kontak yang dipakai untuk radiologi diagnostik teratur mesti memiliki lempengan Pb, tebal sekurang – kurangnya setara 0, 25 mm dan sebaiknya memiliki tebal setara lempengan Pb 0, 5 mm pada 150 Kvp. Proteksi ini mesti dengan ukuran dan bentuk yang sesuai sama untuk menghindar gonad keseluruhannya dari paparan berkas paling utama.

3. Sarung Tangan Proteksi

Sarung tangan proteksi yang dipakai untuk fluoroskopi mesti memberi kesetaraan atenuasi sekurang – kurangnya 0, 25 mm Pb pada 150 kVp. Proteksi ini mesti bisa melindungi keseluruhannya, meliputi jari dan pergelangan tangan.

4. Penahan Radiasi

– Penahan radiasi yang diletakkan diantara operator atau panel control dan tabung sinar-X atau pasien mesti pada posisi dan rancangan yang pas hingga bisa melindungi operator dari radiasi bocor dan hamburan. Penahan radiasi mesti memiliki ketebalan minimal yang setara dengan 1, 5 mm Pb.

– Jendela penilaian yang terpasang di penahan radiasi sekurang-kurangnya memiliki ketebalan yang setara dengan 1, 5 mm Pb. Ketebalan yang setara dengan Pb itu mesti tercantum pada penahan radiasi dan jendela pengamat atau kaca intip.

5. Masker

Masker melindungi radiografer dari penularan dan infeksi nasokimia karena radiografer mesti berhubungan dengan pasien saat lakukan kontrol. Masker berperan sebagai penyaring hawa yang dihirup saat bekerja ditempat dengan kwalitas hawa jelek (contoh berdebu, beracun, virus, dll).

6. Sarung tangan (hand gloves)

Sarung tangan yaitu membuat perlindungan radiografer dari infeksi nasokimia mengingat radiografer senantiasa lakukan kontrol dan kontak segera dengan pasien yang bisa menularkan penyakit/infeksi yang terkena pasien.

7. Sepatu Safety

Sepatu safety terbaru berfungsi untuk melindungi kaki dari terpapr radiasi. Sehingga bisa menimbulkan hal yang tidak di inginkan jika terkena paparan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s