9 Tips Aman Berkendara Saat Musim Hujan

Cuaca kerapkali jadi aspek penyebabnya terjadinya kecelakaan, tidak kecuali hujan yang mengakibatkan jalan licin dan digenangi, hingga membahayakan saat berkendara.

Image result for motor musim hujan

Tersebut sebagian tips berkendara saat musim hujan dari TMC Polda Metro Jaya, seperti yang diupload dalam laman Facebook-nya, supaya berkendara lebih aman dan nyaman.

1. Check semuanya lampu kendaraan apakah semuanya bisa berperan dengan baik. Supaya lampu itu berguna menolong anda lihat di jarak pandang yang terbatas karena hujan. Nyalakan lampu paling utama walau siang hari dan hujan rintik-rintik karena menolong ingindara lain lihat kendaraan anda. berkendara harus aman dan safety.

2. Check keadaan desakan hawa dalam ban dan kedalaman alur ban dengan cara teratur minimum satu minggu sekali, keadaan desakan ban yang cukup dan alur ban yang masihlah baik akan hindari kendaraan anda melayang diatas air (aquaplaning) dan tergelincir (slip) ketika hujan. Janganlah mengambil kemungkinan dengan memakai ban yang telah tidak tebal.

3. Check keadaan kontrol paling utama komponen kendaraan Anda yakni kemudi, pedal rem, gas ataupun kopling apakah telah dalam keadaan baik dan berikanlah perawatan ekstra sepanjang musim hujan karena untuk menghadapi kondisi darurat atau akibat kekeliruan orang lain yang bisa menyebabakan kecelakaan.

4. Gunakan alas kaki yg tidak licin, tahan air dan aman untuk berkendaraan dan buat persiapan juga jas hujan yang berupa pakaian dan celana, bagi ingindara motor, karena jas hujan seperti itu lebih aman dibanding yang berupa ponco. menggunakan sepatu safety adalah salah satu solusi untuk pengendara sepeda motor.

5. Kurangi kecepatan Anda dalam mengendarai kendaraan karena ketika hujan karena permukaan jalan licin akibatnya karena bercampurnya oli dengan air supaya ban anda tak tergelincir (slip). Mengemudikan kendaraan dalam kodisi kecepatan rendah akan membuat alur ban kendaraan anda semakin banyak bersentuhan segera dengan aspal dan membuat daya cengkaram ban tambah baik.

6. Jagalah jarak aman kendaraan Anda dengan ingindara lain karena ketika hujan jarak aman pengereman kendaraan memerlukan jarak yang lebih jauh dari pada keadaan kering.

7. Janganlah sembarang menerobos genangan air karena kita tidak paham kedalamannya. Hal semacam ini dapat mengakibatakan kendaraan Anda mogok atau terjerumus kedalam lubang yang mungkin ada didalam genangan air itu.

8. Jika terjerat banjir dan kendaraan Anda mogok karena air masuk ke saluran pembuangan gas kendaraan Anda, janganlah menghidupkan mesin kembali. Tambah baik didorong ke tempat yang aman, karena di kuatirkan system pengapian Anda alami korsleting dan bisa membuat kendaran Anda terbakar.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s