Tips memilih sepatu agar sesuai dengan jenis olahraganya

1. Running Shoes (sepatu lari) Sepatu mempunyai 2 sisi utama yakni bottom (sisi bawah) dan upper (sisi atas). Bottom terbagi dalam dua sisi paling utama yakni outsole (alas bawah sepatu) dan insole (alas tengah yang segera bersentuhan dengan kaki. Pada running shoes sepatu lari yang baik mempunyai pola lebar di alas kakinya. Hal semacam itu untuk menghindar selip atau terpeleset saat melalui medan susah. Bobot sepatu lari umumnya enteng, dilengkapi penahan desakan yang mempunyai tujuan kurangi terjadinya desakan terlalu berlebih pada kaki. Sol lunak yang berperan sebagai peredam style saat lari, yang sangat mungkin persendian kaki, pergelangan kaki, dan lutut dapat menumpu 3-5 kali lipat berat tubuh. Sisi tumit cukup kuat melindungi stabilitas kaki. Sisi depan lentur hingga gampang ikuti gerakan jari kaki.

Ciri running shoes outsole sisi depan meruncing seperti lidah sampai ke-upper. Sisi upper terkecuali terbuat dari kulit sintetik juga umumnya ada bahan seperti jaring (net) kecil yang berperan sebagai aliran hawa kaki. Sisi alas tumit yang insole umumnya dilengkapi dengan tehnologi bantalan hawa tiap-tiap merk nyebutnya beda-beda. Manfaatnya berikan rasa nyaman empuk dan enteng. Sedang outsole di desain dengan guratan yang pasti karena dipakai pada medan luar ruangan. Untuk sepatu type trail, outsole dibikin lebih keras agar lebih cakram saat untuk melewati alam liar.

2. Basketball Shoes (Sepatu Basket) Memiliki tingkat stabilitas yang tinggi karena basket banyak melibatkan beragam gerakan, umpamanya ke depan-belakang, ke kiri-kanan, lompat dan loncat, dan berputar. Bahan lebih berat di banding sepatu lari. Lebih kaku, supaya kaki tak selip. Sol lebih keras dan memiliki bentuk lebih lebar. Ini berperan melindungi stabilitas. Leher sepatu tinggi, diatas pergelangan kaki, untuk melindungi stabilitas dan meminimalisir cidera engkel kaki. Sebagian sepatu dilengkapi pivot point di bagian bawah jempol kaki yang berperan untuk mempermudah gerakan memutar.

3. Tennis Shoes (Sepatu Tenis) Memiliki persamaan dengan sepatu basket, hanya tidak sama pada ketinggian. Sepatu tenis setinggi pergelangan kaki karena resiko cedera pergelangan kaki lebih rendah di banding pada bola basket. Solnya lebih keras di banding sepatu basket karena tenis tak melibatkan banyak gerakan lompat. Khas outsole sepatu tenis yakni guratan yang serupa dengan tulang/sirip ikan. Diluar itu, modifikasi pada outsole tidaklah terlalu banyak seperti sepatu running dan basket, walau tak sedikit juga mempunyai pivot point seperti pada sepatu basket.

4. Badminton Shoes (Sepatu Bulu Tangkis) Sepatu ini serupa dengan sepatu tenis, sebagian jenis dilengkapi atau dimodifikasi dengan bahan jaring atau net seperti pada upper sepatu running. Ketidaksamaan intinya yaitu pada outsole yang sebagian % bagiannya terbuat dari karet mentah dengan ciri warna kuning kecoklatan seperti bahan karet pentil ban atau karet gelang. Sepatu ini dapat juga dan umum dipakai untuk olah raga voli.

5. Football/Soccer Shoes (Sepatu Sepak Bola) Ciri khas yang segera terlihat dari sepatu sepak bola ini yaitu mempunyai paku-paku tumpul di sol supaya kaki tak selip saat lari di rumput yang licin. Sol lebih tidak tebal dari sepatu lari dan basket, dan memiliki bentuk juga lebih ramping dengan sisi ujung yang lebih runcing, hingga pemain dapat menendang dengan presisi lebih pas. Bahan dari kulit untuk kurangi gesekan pada kulit sepatu dan kulit bola, baik saat menendang ataupun menggiring bola.

6. Futsal Shoes (Sepatu Futsal) Untuk sepatu futsal adalah gabungan dari sepatu sepak bola dan sepatu badminton. Jenis upper dan design serupa dengan sepatu sepak bola dengan maksud untuk menedang bola supaya lebih pas tujuan. Sedang sisi outsole beberapa atau semua terbuat dari karet mentah seperti pada sepatu badminton atau bola voli. baca juga ? jual sepatu safety di jakarta selatan

7. Fitness/Yoga Shoes (Sepatu Fitness/Yoga) Sepatu jenis ini yaitu yang paling enteng di antara type sepatu yang lain. Outsole juga lebih lunak dan lentur. Argumennya karena olah raga fitness dan yoga tak menuntut banyak gerakan seperti olah raga yang lain. Tetapi lebih condong fokus pada pembentukan ataupun melenturkan otot. Manfaat yang lain juga untuk menyokong badan supaya seimbang saat lakukan beberapa gerakan rumit atau mengangkat beban yang berat.

8. Golf Shoes (Sepatu Golf) Seperti sepatu sepak bola yang ditujukan di lapangan berumput, golf juga sama. Hanya ketidaksamaannya pada bentuk dan ukuran paku, bila di banding dengan sepatu sepak bola, ukuran paku sepatu golf lebih kecil dan lebih runcing. Untuk sisi upper, sepatu golf lebih sukai mengadaptasi sepatu casual yang sederhana. Umumnya terbuat dari kulit sintetik, tetapi banyak yang terbuat dari kulit asli seperti sepatu kantor.

9. Sepatu Kasual (Casual Shoes) Sepatu ini bukanlah sepatu olah raga tetapi yaitu type sepatu style untuk lengkapi fashion baju agar lebih mensupport. Bernilai berolahraga bila buat berjalan-jalan di mall sembari membawa belanjaan yang lumayan berat (gabungan aerobik + angkat beban), hehe… Contoh yang umum sepatu kasual yaitu type sneaker yang ramai digunakan oleh anak muda saat ini. Sepatu kasual tak dilengkapi tehnologi spesial seperti sepatu olah raga karena tak ditujukan untuk kesibukan sport. Tetapi, biasanya lebih awet apabila sebatas digunakan untuk berjalan-jalan, bergantung bahan dan penggunaan. Yang pasti paling jadi favorite yaitu karena jenisnya yang variasi dan lebih kreatif. Anjuran paling akhir yaitu apabila anda condong beraktivitas olah raga yang beragam dan menginginkan menghemat dengan hanya mempunyai satu sepatu, Pastikan sepatu running karena dapat jadikan substitusi untuk fitness dan senam termasuk juga bandminton dan tenis juga. Karena outsole yang lumayan keras. Walau tak dianjurkan apabila pemakaian sepatu tidak cocok dengan olahraganya dipakai terus-terusan. Kurang lebih demikian garis besar penjelasan untuk pilih sepatu yang sesuai dengan olah raganya. Informasi ini masihlah jauh dari prima mengingat tehnologi pada sepatu berolahraga berkembang selalu setiap saat. Yakinkan sebelumnya beli sepatu cocokkan dengan biaya kita dan janganlah lupa konsultasi dahulu dengan pramuniaga yang melayani. Yakin deh, mereka lebih tahu keperluan sepatu kita karena telah dibekali product knowledge dari perusahaannya semasing tentang sepatu yang cocok digunakan sesuai sama olah raganya. So, awalilah olahraga teratur minimum seminggu sekali ya.. Karena olahraga bukan sekedar baik dan membuat indah untuk fisik, namun juga meningkatkan kecerdasan otak dan memberi rasa bahagia. Be healthy! Baca : jual sepatu safety di solo

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s